Trending
Loading...
Sunday 2 March 2014

Nasehat untuk Penghafal Al-quran


عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَال
تَعَاهَدُوا الْقُرْآنَ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ الْإِبِلِ فِي عُقُلِهَا
متفق عليه
Abu Musa ra berkata: Rasulullah saw bersabda: Biasakanlah kalian membaca al-Qur’an, Demi Allah yang nyawaku ada ditanganNya, hafalan al-Qur’an itu lebih mudah lepas dari seekor onta dari ikatannya. Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no. 4645) dan Muslim (hadis no. 1317). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh Ahmad (hadis no. 18725 dan 18854)

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ:
إِنَّمَا مَثَلُ صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْإِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ، إِنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ.
متفق عليه
Ibn Umar ra berkata: Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya perumpamaan seorang yang menjadi sahabat al-Qur’an adalah seperti seorang sahabat unta yang terikat, jika dia sering mendatanginya maka dia akan tetap menguasainya, tetapi jika dilepas maka akan larilah unta tersebut. Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no 4644 dan 4651) dan Muslim (hadis no. 1314). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2866), al-Nasa'i (hadis no.934), Ahmad (hadis no. 3437, 3764, 3816, 3962) dan al-Darimi (hadis no. 2627)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم :
بِئسَمَا لِأَحَدِهِمْ أَنْ يَقُولَ: نَسِيتُ آيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ، بَلْ نُسِّيَ. وَاسْتَذْكِرُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ صُدُورِ الرِّجَالِ مِنْ النَّعَمِ.
متفق عليه
Abdullah ra berkata:Rasulullah saw bersabda: Buruk sekali orang yang berkata : Aku lupa ayat ini dan ayat itu, akan tetapi (katakanlah) aku terlupakan. Dan (untuk itu) bermuzakarah (mengingat-ingat) al-Qur’an-lah kalian, sesungguhnya al-Qur’an itu lebih mudah terlepas dari dada seseorang daripada binatang ternak.
Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no 4644 dan 4651) dan Muslim (hadis no. 1314-1317). Selain al-Bukhari dan Muslim, hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2466), al-Nasa'i (hadis no.934), dan al-Darimi (hadis no. 2627)

posted by sufriadi candra
www.pusatalquran.com

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Yayasan Amal Madani - Bersama merangkai potensi umat All Right Reserved
Designed by Odd Themes
Back To Top