Trending
Loading...
Wednesday 19 February 2014

Aneka Cara Mengupgrade Kualitas Tilawah


Membaca Al-Qur’an adalah sabuah perintah yang sangat di tekankan oleh agama islam. Karena al-quran adalah kitab suci umat islam dan sekaligus sumber cahaya kebenaran hidup umat manusia. 
Bila kita membuka lembaran-lemabaran ayat suci Al-Qur’an dan hadis nabi Muhammad SAW maka akan kita dapati betapa banyak ayat atau hadis yang memerintahkan untuk membaca Al-Quran dan juga  mengulas tentang fadhilah membacanya. Semakin  bagus kualitas bacaan tilawah kita miliki
semakin Allah mencintai bacaan kita, karena Allah sendiri menyukai bacaan Al-Qur’an sebagaimana ketika Al-Qur’an itu diturunkan. Seperti firman allah berikut ini :

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً

"Dan bacalah Al Quran dengan tartil."  (Q.S. 73:4)

Dan didalam hadis nabi Muhammad SAW disebutkan :

(إِنَّ اللَّه يُحِبُّ أَنْ يُقْرَأَ الْقُرْآنُ كَمَا أُنْزِلَ (أخرحه ابن خزيمة في صحيحه

“Sesungguhnya allah menyukai Al-Quran dibaca sebagaiman ia diturunkan”

Melalui ayat Al-Quran dan hadis nabi muhammad tersebut dapat kita pahami bahwa perintah untuk memperbaiki bacaan al-quran sangatlah di tekankan.

Jadi bagaimana ya cara memperbaiki bacaan Al-Quran? Nah  di dalam artikel ini kami berbagi ada beberapa tips  untuk memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an :

1. Talaqqi langsung dengan syaikh atau yang mahir dalam bidang tajwid
Metode ini sangatlah baik untuk dilakukan didalam memperbaiki kualitas bacaan, karna bila ada kesalahan kita langsung di tegur dan diberi contoh yang baik dan benar oleh syaikh atau guru.

2. Mengikuti tahfidz online
Tahfidz online adalah sebuah sarana alternative bagi mereka yang sibuk didalam dunia pekerjaan sehingga terkadang menyulitkan mereka untuk datang menjumpai syaikh atau menghafal Al-Quran. Dengan mengunakan tahfidz online diharapkan orang yang sibuk bisa memanfaatkan waktunya untuk menghafal alquran walau hanya 1 ayat didalam sehari dengan mengunkan smartphone. Karna tahfizd online memang sengaja di setting bagi pengguna smartphone. Sehingga mudah dilakukan dimana dan kapan saja bagi saudara yang mendaftar silahkan daftar di http://www.santri.pusatalquran.com/  

3. Mendengarkan murottal ayat Al-Qur’an
Tak kalah pentingnya. Memperbanyak mendengarkan ayat-ayat Al-Quran dari qori-qori terbaik, terkhusus dari timur tengah sana, sangat bermanfaat untuk menunjang kualitas bacaan Al-Quran. Karna Al-Quran berbahasa Arab yang berbeda dengan bahasa lainya, dan setiap abjad Arab terdapat makhraj dan sifat khusus. 

Dengan memperbanyak mendengarkan murottal Al-Qur’an sangat banyak keuntungan yang kita peroleh diantaranya, memudahkan untuk menghafal Al-Qur’an, memperbaiki bacaan yang salah, dan mampu meniru lagu yang dibawa oleh sang qori.

Sangat banyak situs internet yang menawarkan murottal yang bisa di donwnload secara gratis diantaranya download.pusatalquran.com didalam situs ini ada beragam murottal qori yang bisa kita dapatkan secara gratis.

Inilah beberapa cara untuk mengupgrade kualitas tilawah kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Yayasan Amal Madani - Bersama merangkai potensi umat All Right Reserved
Designed by Odd Themes
Back To Top